Rabu, 01 April 2015

cerpen Senyuman Terakhir

0 komentar

Senyuman Terakhir

 

blog edukasi

Di sore itu aku dan Johan duduk di sebuah taman. Aku juga tidak tahu apa maksud dia mengajak ku ke tempat ini. Pasti ada sesuatu yang ingin dibicarakan oleh johan kepada ku. Ku tatap wajahnya, kelihatan wajahnya penuh dengan pengharapan bersimba kalbu di sore itu. Suasana menjadi sunyi. Lalu kutatap mentari yang kian detik meninggalkan bumi. Ku tatap lagi wajahnya yang penuh dengan kebisuan. Hingga aku pun bosan menunggu dia untuk mengawali pembicaraan di sore itu. Aku helakan nafasku.
“Hem, han kamu kok diam dari tadi? Memangnya ada yang mau dibicarakan?, kalau memang ada sesuatu yang penting sebaiknya kita bahas sekarang”. Jelasku kepada Johan. Aku lihat dia mulai berani menatap wajah ku. Seuntai kalimat pun keluar dari bibirnya.
“Rica”. Panggilnya
“Ya Johan, ada apa?”. Tanya ku agak sedikit bingung.
“Rica, sebenarnya aku malu dan tak ada kata-kata untuk ku awali pembicaraan kita untuk menjelaskan perasaan ku kepadamu”. Aku seolah-olah belum begitu mengerti dari penjelasan si johan.
“Johan, aku masih bingung, jelasin donk biar aku ngerti”. Sedikit rayuku.
“Ric, sebenarnya aku mengajak kamu ke tempat ini untuk melihat keindahan taman ini”.
“hadehhh, kamu ahhh, kalau cuman ini mendingan kita pulang aja.” Tuturku dengan wajah cemberut.
“Bukan, maksudku kalau kamu mengerti dengan persahabatan kita selama ini. Di balik itu aku pengen kamu tahu kalau aku sayang dan cinta sama kamu ric seperti kupu-kupu di taman ini yang mengejar madu dari sekuntum bunga”. Jelasnya sambil menatap mawar yang sedang di hinggapi oleh kupu-kupu cantik.
“Cinta?, aduh gimana ya Johan selama ini kamu adalah sahabat baik aku. Aku gak punya perasaan cinta sama kamu”. Jelasku dengan nada lembut. Tak lama kemudian jari jemarinya menyentuh kedua tangganku. Begitu lembut sentuhan tangan Johan. Rasa dingin dari tanggannya itu sampai ke bilik jantungku. Seolah-olah memaksa hatiku untuk menerima cintanya.
“Aku tak bisa memaksa hati ku Johan.” Tutur ku sambil menatap dalam wajahnya.
“Ric, sedikit pun kau tak punya perasaan itu buatku?”.
“Ada, tapi hanya sebatas sahabat tidak lebih seperti yang kau bayangkan Johan, aku harap kamu mengerti”. Jelas ku dengan nada lembut. Aku lihat genggaman tangannya mulai dilepaskan. Aku pun berpaling arah melihat sekeliling taman yang menjadi saksi bisu di sore itu. Sambil menatap kearah langit senja aku pun mulai berkata.
“Han jangan kecawa ya atas keputusan hatiku. Semuanya ini demi kebaikan persahabatan kita yang selama ini kita jalani”.
“Ya, gak apa-apa kok, aku tahu perasaan wanita gak boleh dipaksa”. Jawabnya singkat. Aku pandang lagi wajah johan yang terpaku bisu. Kelihatanya dia hanya terdiam dengan wajah bersimbuh kecewa. Ya, aku hanya tak ingin memaksa kehendak hatinya. Percuma aku katakan ya sedangkan hati ku tak ada sama sekali buatnya. Jujur aku tidak tega melihat dia kecewa dengan keputusan hati ku. Tapi aku tak bisa lakukannya aku takut pada ahkirnya akan menjadi kecewa, karena bagi ku cinta itu membutuhkan perasaan yang sama.
Johan adalah laki-laki yang baik, pintar dan tampan, sebenarnya di kelasku banyak wanita yang menyukainya. Tapi dia bukan tipe laki-laki yang mudah untuk jatuh cinta. Apa lagi dengan wajahnya yang bersih tanpa ada sedikit jerawat yang mengusik ketampanannya. Wanita mana yang tidak tertarik?. Ya, hanya perasaan aku saja yang tidak ada sama sekali ke dia walaupun banyak para kaum hawa mengatakan dia itu cowok yang sempurna. Aku hanya bisa menganggap dia adalah sahabat ku yang selalu hadir di setiap aku membutuhkannya. Bagi ku sulit sekali tali persahabatan yang sudah terjalin lama menjadi tali cinta. Hanya waktu sajalah yang mampu menjelaskannya nanti.
Pagi itu bel berbunyi. Memanggil seluruh siswa untuk masuk ke dalam kelas untuk mengawali jam pelajaran pertama. Pak Steven guru bahasa inggris pun mulai mengajar. 30 menit pelajaran berlangsung. Tiba-tiba mata ku berkunang-kunang pandangan menjadi tidak jelas. Seketika itu rungan kelas terasa menjadi gelap.
Ketika ku buka mata ku, aku telah berada di sebuah rungan kecil berukuran 3 x 4. Aku lihat ke samping kiriku. Ada johan yang sedang tak sadarkan diri di atas bangku. Ternyata dia sedang tertidur pulas menjagaku. Sambil mengerakan tubuhku yang lemas. Aku coba bangun dengan sisa tenagaku. Tapi aku tak bisa melakukanya. Ahh kalau aku paksa untuk bangun pasti akan bertambah parah. Akhirnya aku hempaskan lagi tubuhku di atas tilam.
“Johan Johan, Jo… Johan”. Panggilku dengan nada lemah. Johan tersentak kaget dari tidurnya. Ia langsung menghampiri ku.
“Rica, kamu udah sadar ya?”.
“Ia, aku di mana Han?”. Tanya ku
“Kamu di rumah sakit. Sekarang kamu istrirahat ya”.
“Kok bisa akunya ada disini?” Tanya ku dengan heran. Sambil menghapuskan keringat di dahiku. Dia coba menjelaskan kejadian yang telah menimpaku waktu di sekolah tadi.
“Kamu pingsan 12 jam yang lalu ka. Dan kamu lansung dibawah ke rumah sakit Elisabeth, selain aku, teman-teman kita tadi berdatangan waktu pulang sekolah tadi jengukin kamu. Hemm, udahlah sekarang kamu istrirahat aja ya, sambil menunggu ayah dan ibu mu datang”. Jelas Johan sambil memberi saran kepadaku. Aku tatap wajah Johan yang penuh dengan perhatian. Ku beri senyuman ke arah wajahnya. Wajahnya lusuh dan kotor akibat debu seharian. Baju yang dikenakan adalah baju sekolah. Rasa laparnya telah tergantikan dengan kesabaranya menungguku siuman. Terlalu baik Johan buat aku. Merelakan waktu hanya demi untukku. Tak lama kemudiaan seorang suster menghampiri kami berdua.
“Ini bubur hangat untuk pulihkan tenaga mu”. Sapa suster itu dengan rama.
“Ok, sus terima kasih. biar saya yang menjaganya untuk sementara ini”. Balas Johan. Aku mencoba bangun untuk mencicipi bubur hangat itu.
“Ric, biar aku suapin kamu ya, kamunya duduk aja di situ”. Paksaan johan. Aku pun coba mendengarkan saran darinya.
Bubur hangat itu segera aku cicipi. Sambil disuap bubur itu, ditatap pula wajahku. Aku balas tatapnya yang penuh perhatian. Seketika itu aku dan Johan hanya bisa berbicara lewat senyuman. Aku merasa menjadi wanita yang paling manja di hadapanya. Ahh perhatian ini melebihi seorang pacar. Caranya melayaniku begitu lembut dan ditambah lagi dengan senyuman yang terpampang di wajah tampannya itu membuat aku semakin merasa sesuatu di dalam hatiku.
Selesai mencicipi bubur itu, akhirnya ayah dan ibuku datang juga.
“siapa ini?”. Tanya ibuku ingin tahu laki-laki itu.
“Johan bu, teman sekelas ku, dialah yang jagain aku sampai aku sadar sambil nunguin ibu dan ayah datang”.
“Johan toh bu”. Sapa ayah Sambil tersenyum mengejekku dan melirik matanya ke ibu.
“Johan”. Sambil memberi salam kepada ayah dan ibuku. Aku lihat meraka akrab sekali. Aku tersenyum senang melihat suasana itu.
“Makasih nak udah menghabisan waktu untuk menjaga putri kami”. Ucap ayahku dengan tatapan ramah kepada Johan.
“Sama-sama om” balas Johan dengan nada malu-malu. Walaupun dengan keadaan lemah. Aku berusaha berjalan menuju mobil ayah yang telah parkir di halaman RS Elisabeth. Setelah aku mengucapkan terima kasih dengan Johan, aku pun berangkat pulang menuju rumahku.
Dua hari aku di rawat oleh dokter privatku. Untuk mengebalikan tenagaku agar benar benar fit kembali. Setelah diizinkan untuk melanjutkan aktifitas, aku pun masuk sekolah seperti biasa. Setiap kali ku pandang wajah Johan jantung ku berdetak cepat. Ahh ada apa ini, Padahal aku tak pernah mengalami hal seperti ini. Atau gara-gara kenangan dua hari yang lalu di rumah sakit Elisabeth?. Yang parahnya lagi kalau kami mengobrol berdua sepertinya aku tak bisa berbuat banyak, grogi dan grogi. Apakah aku telah jatuh cinta?. Aku tak boleh meremehkan namanya C I N T A.
Malamnya rindu semakin membara. Sambil memeluk bantal guling ku, aku coba membuang perasaan rinduku itu. Semuanya ini karena pristiwa di rumah sakit Elisabet. Pristiwa itu menjadi hantu sekaligus menjadi tunas-tunas cinta yang berakar kerinduaan. Ku telentangkan tubuhku, sambil tersenyum aku lihat plafon kamarku yang terukir indah. Pandanganku seolah-olah tembus ke langit malam. Bintang-bintang seolah sedang berkedip manja menertawakan keadaanku. Wajah Johan yang tampan itu menjadi pikiranku sepanjang malam. Tiap malam menjadi beban pikiran ku. Aku benar-benar jatuh cinta dengannya. Rasa sesal pun menyelimuti hatiku. Ketika aku teringat dia mengutarakan cintanya tapi, aku menolaknya tampa harus memberi waktu sedikitpun buat dia. Waktu sudah menjawab dan merubah perasaanku. Bagaimana ini?. Tanya ku kesal di dalam hati. Aku sadar aku telah disengat cinta yang berbisa.
Suasana kelas kami tampak sunyi. Ibu Rita guru Matematika tak kunjung datang. Tiga puluh menit berlalu. Tak lama kemudian loadspeker dari majelis guru memanggil Bertho ketua kelas kami. Untuk mengambil tugas titipan dari ibu Rita yang harus kami kerjakan. Kebetulan ia berhalangan hadir karena mendampingi suaminya ke Jakarta untuk meresmikan usaha baru suaminya itu. Ku tuju Johan yang sedang duduk sendiriaan di belakang yang Mengerjakan tugas dari ibu Rita.
“Hey Johan, boleh ditemanin?”. Rayuku dengan nada manja
“Ehh Rica, boleh kok”. Jawabnya singkat sambil tersenyum ke arah wajah ku. Ketika aku duduk di sampingnya, aku merasa nyaman dan damai. Ternyata aku telah jatuh cinta dengan Johan. Tapi aku merasa malu untuk mengawalinya. Sebab aku telah menolak cintanya waktu di taman. Apakah aku harus menunggu dia jatuh cinta lagi?. Aku yakin dia tidak berharap lagi akan cintaku. Lagi-lagi aku menyesal dengan keputusan yang aku buat yang sekarangnya berlawanan dengan perasaan cintaku. Karena tak tahan dengan gelitikkan cinta yang mengelora. Aku punya ide untuk berjumpa sekali lagi dengannya di taman. Dengan cara ini aku ingin ungkapkan rasa cinta ku ke dia. Mau tak mau harus ku ungkapkan, aku takut kalau dirinya nanti diambil orang. Dengan adanya rasa takut ini akhirnya rasa malu itu hilang seketika.
“Johan mau gak nanti sore kita ketemuan di taman?” Tanyaku sambil berhenti berpikir saat sedang fokus menegerjakan tugas dari ibu Rita.
“Taman?, memang ada apa? Heheheh tumben gak biasanya sich kamu ngajakin aku”. Ejeknya sambil tersenyum ke arahku.
“Ihhh, kamu ahh. Gak boleh ya?” Tanyaku dengan nada cemberut.
“heheh, buat kamu boleh aja kok Ric. Terus kesana kita mau ngapain?”.
“ada yang pengen aku jelaskan Han.” Jelasku.
“Masalah kelompok belajar kita ya?”.
“hadeehh, kamu nich, cukup kita berdua aja yang tahu Han, asalkan kamu datang ntar juga kamu akan tahu kok.”
“Aduh Ric, sekarang aja dech.” Sambungnya dengan nada penasaran
“idihh kamu Johan, bawel banget. Disana aja ya? Kalau di sini gak baik kita bahasnya.”
“Ok, dech. Kalau gak ada halangan.”
“Oh ya, tapi jemputin aku ya Han” pintaku dengan nada manja.
“Okey, ntar aku jemputin kamu ya.” Balasnya singkat. Aku pun tersenyum lega ketika Johan tak menolak tawaranku itu. Inilah kesempatan buat aku untuk ungkapkan rasa cinta ku padanya. Ya, mudah-mudahan apa yang aku harapkan selama ini berhasil
Sepulang dari sekolah. Langkah kakiku melaju menghampiri aneka hidangan makanan oleh mama. Ketika asyik menikmati makanan itu, tiba-tiba saja handphone ku berbunyi tanda ada sms masuk. Lalu aku buka dan aku baca isi pesan itu. Ternyata pesan itu dari Johan
“Ric, gue kayaknya gak bisa datang jmpt qmu.
Soalnya, aku mw ngtarin tante aku ke rumh oma ku.
Jadi kmu duluan ya Ric. Ak janji kok ntar ak ksna
Nysul kmu.”
Aku tersenyum setuju ketika membaca pesan singkat dari Johan
“Oke, dech Johan.” Balasku singkat.
Setelah aku balas pesan dari Johan. Aku beranjak menghabiskan sisa makanku tadi. Waktu itu sempat juga aku tidur siang. Selesai bangun tidur, aku lihat jam dinding menunjukan pukul tiga sore. Aku pun beranjak dari tempat tidurku. Aku tuju ke kamar mandi, Aku basuh seluruh tubuhku agar terasa segar. Setelah itu aku dandan serapi mungkin. Aneka parfum aku kenang kan agar aromanya semakin mengoda. Aneh memang tidak seperti biasanya. Huft, itulah namanya jatuh cinta semuanya ingin serba sempurna di depan orang yang kita cinta.
Sekitar pukul empat sore aku telah tiba di taman. Aku duduk sendiri di bangku kecil yang bermuatkan dua orang. Aku lepaskan pemandangan ke arah mawar-mawar yang indah. Banyak pasangan sejoli duduk bermesra di taman itu. Apa lagi suasana senja hari yang sangat bersahabat. Sedangkan aku hanya menunggu Johan yang tak kunjung tiba.
“Kemana sich Johan. Udah di sms kok gak di balas?.” Tanya ku di dalam hati.
Tiga puluh menit sudah aku menunggunya. Ku coba menelpon ke nomor hpnya tapi nomor handphone sedang sibuk. Aneh tidak biasanya dia mengingkar janji. Dia itu terkenal cowok yang displin dan tepat waktu. Aku menjadi geliasah. Apa lagi di tambah dengan wajah langit senja berubah mendung. Perasaan semakin kacau. Tak lama kemudian handphone di balik saku celana ku berbunyi.
“Ani menelponku?.” tuturku di dalam hati. Ani adalah teman sekelas dengan aku.
“Hello Ani, ada apa ya?” Tanyaku penasaran. Sebab jarang sekali kalau Ani menelpon aku. kecuali ada masalah penting.
“Anuhh ka, kamu ke rumah sakit Emanuel sekarang ya.”
“Ada apa sich?” Tanyaku sedikit heran.
“Johan!. Johan kecelakaan Ric. Dianya sekarang sekarat Ric. Cepatan datang.” Aku langsung mematikan handphoneku. dengan wajah pucat pasi, aku hidupkan mioku. lalu aku tancap gas dengan kecepatan tinggi menuju rumah sakit Emanuel. Pikiranku mulai meracau. Tapi aku coba tenangkan pikiran sebab kendaraan di sore itu cukup ramai.
Setibanya aku di rumah sakit. Teman-teman kelasku telah ramai berkumpul di ruangan tunggu. Aku langsung menghampiri mereka.
“Ada apa dengan Johan?” Tanyaku tergesa-gesa. Sambil menangis Mia mendengkapku di dalam pelukannya.
“Johan Ka, Johan sekarat mengalami kecelakaan tadi sore sekitar jam empat.” Aku tak sanggup mendengarkan penjelasan Mia. Aku menaggis histris sambil memanggil nama Johan. Suasana sedih menyelimuti ruangan tunggu. Aku kesal karena aku, dia mengalami kecelakaan. Aku bersalah, di saat itu aku coba menyalahkan takdir sang kuasa.
“Sabar ya Ric. Kita doain aja ya, semoga dia baik-baik saja Ric.” Hibur Rico sahabat dekat Johan yang juga turut hadir.
Tak lama kemudian seorang Dokter keluar dari ruangan UGD menghampiri kami semua. Aku langsung mendekati dokter itu dan bertanya keadaan Johan.
“Bagaiman keadaan Johan dok.” Tanyaku sambil menjatuhkan air mata.
“Sabar ya. Kalian semua tenang Johan hanya membutuhkan waktu istrirahat.”
“Jadi kami boleh melihat keadaanya doc?” sambung Ani bertanya kepada docter.
“untuk beberapa saat ini belum bisa karena beberapa orang team medis sedang merawatnya” selesai menjelaskan keadaan Johan Docter itu pun meniggalkan kami di ruangan tunggu. Satu persatu teman-temanku pulang untuk siapkan diri, karena malam mereka ingin bersama-sama temankan Johan. Aku hanya bisa hempaskan diri ku di sebuah bangku kecil. Aku tetap menunggu kesadaran Johan. Aku hanya ingin dia baik-baik saja.
Tak lama kemudian beberapa tim medis keluar dari ruangan UGD. Aku coba menghampiri dan bertanya keadaan Johan.
“Bagaimana dengan keadaan Johan dok.?” Tanyaku sambil tergesa-gesa.
“Silahkan masuk, dia baik-baik saja.” Aku pun langsung masuk keruangan UGD. Aku lihat bagian kepala Johan masih terbalut perban. Aku peluk dia sambil menaggis. Aku hanya ingin menghabisi waktu bersama dia. Seperti dia lakukan dulu waktu di RS Elisabeth. Biarlah aku tetap dalam pelukan ini, menunggu sampai dia sadar kembali dan tahu kalau aku juga mencintainya.
Dua bulan kemudian Johan diizinkan oleh dokter untuk kembali melakukan aktifitasnya. Untuk sementara aku tak bisa menjelaskan rasa cintaku ke padanya. Aku tunggu dia benar-benar fit kembali. Baru aku ungkapkan apa yang ada di dalam hatiku. walaupun udah dua bulan dia masih kelihatan lelah.
“Ric, boleh ngak aku minta sesuatu dari kamu.?” Tanya Johan dengan suara lembut.
“Boleh kok, kamu mau minta apa.” Tanyaku dengan rasa penasaran.
“Kita ketemu lagi yuk di taman, kamu mau?” Tanya Johan Sambil kedua tanganya memegang kedua bahu. Saat bicara matanya menatapku. Degup jantungku tak seperti biasanya. Wajah tampan itu seolah-olah menunggu jawabanku. hari yang paling bahagia buatku. dimana kedua tanggannya menyentuh bahuku dengan tatapan amat dalam. Teringat kembali kisah waktu di taman ketika dia menyentuh jari-jemari ku bersimbuh pengharapan. Tapi…? Akhh udahlah malas mau aku ingat-ingat lagi.
“Tapi Han keadaan mu itu.?” Tanya ku dengan nada ragu. Tanganya coba meninggalkan bahuku. sambil memberikan senyuman dan berkata kepadaku
“Aku baik-baik saja Rica. Aku pengen aja mau menepati janjiku dua bulan yang lalu.” Jelasnya
“Tapi Han, aku takut kamu” Di potongnya pembicaraanku sambil berkata
“Ya, udah lupain aja Ric aku baik-baik saja. Pulang sekolah kita langsung kesana ya.” Jelasnya sambl melontarkan senyuman manis yang sengaja diberikan buatku. Ahh senyuman yang menggemaskan, ingin aku cubuti pipinya dengan rasa cintaku. inilah kesempatanku untuk mengungkapkan perasaanku yang telah aku pendam dua bulan yang lalu. Aku harus dapatin dia. Gak mau remehin namanya cinta.
Angin sepoi membelai rambutku di atas motornya yang berjalan pelan membuat suasana semaki indah. Walau cinta dan perasaanku belum kungkapkan kepadanya. Aku sandarkan kepalaku di belakang bahunya. Damai sekali rasanya. Ibarat kuda bersayap sedang membawa terbang pangeran dan bidadari menuju ke langit ke tujuh. Aduhai hayalanku terlalu tinggi.
Akhirnya aku dan Johan sampai di taman sekitar pukul empat sore. Maklum ada tugas di sekolah jadi pulangnya agak kesorean. Kupilih tempat yang agak sejuk sambil menunjukan arah ajriku. kulihat dia tersenyum mengisyaratkan kalau dia juga setuju dengan saranku. ku duduk dengannya sambil berhadapan. Mataku menatap tajam ke arah wajahnya. Tapi tatapan itu menjadi tumpul akibat senyuman manisnya itu. Bibirnya merekah indah. Dia terlihat tampan di sore itu. Aku berdoa dia adalah titipan dari Tuhan buatku.
“Ada sesuatu yang ingin kau sampaikan Ric.?” Aku tersentak dari pemandangan wajahnya ketika Johan bertanya kepadaku. tidak biasanya kalau lagi berdua aku duluan yang mengawali pembicaraan. Tapi kali ini terbalik, seoalah-olah dia tahu isi hatiku. dia tidak terlalu tegang menghadapi ku. ku kuatkan perasaan mental ku untuk hati dan perasaan ku yang hampir dua bulan kusimpan buat dia.
“Han, aku ada dua permintaanku buat kamu, pertama aku minta senyuman dari kamu.” Pinta ku dengan manja. Kulihat jarinya memegang tanganku. ditatapnya wajahku semakin dalam. Tangannya begitu dingin menyentuh jariku. Aku palingkan wajahku kebawah tanah.
“aitss, Rica cantik tatap wajahku ini, katanya mau minta senyumanku.” Pintanya sambil memegang pipiku dan mengarahkan mataku ke arah wajahnya. Dia pun mulai tersenyum. Aduh senyuman luar biasa. Wajahnya tampan, bersih mulus itu membuat aku terhipnotis seketika. Aku kaget, ketika johan pingsan di hadapanku. kulihat hidungnya mengeluarkan darah segar. Ku jatuhkan air mataku. Aku peluk tubuhnya yang lemas itu. Matanya terpejam rapat. Sambil meninggalkan sisa senyuman itu buatku. Aku teriak histris memanggil namanya. Sekali lagi aku peluk erat tubuhnya tanda takut akan kehilangannya.
Kelihatanya aku tidak sendirian menanggisi Johan. Aku buka mataku yang masih basah dengan air mata. Ohh ternyata aku sedang bermimpi di ruangan UGD. Aku lihat ruangan itu penuh dengan keluarga besar Johan dan teman-teamanku. mereka semua sedang menanggis. Kemudian aku berdiri sambil mengusap air mataku. Tersentak aku terkejut seketika itu. Kalau Johan tak bisa tertolong lagi. Mesin penghitung detak jantung berhenti. Aku tatap wajah Johan seperti di dalam mimpiku itu. Dia meninggal dalam keadaan damai. Dia tak sempat mengetahui kalau aku juga mencintainya. Aku rebah di atas jasadnya yang bernyawa itu. Tak tahan air mata berlinang. Melepaskan kepergian orang yang aku sayang. Kali ini aku mengerti arti sebuah K E H I L A N G G AN
READ FULL POST

Senin, 23 Maret 2015

cerita rakyat situ bagendit

0 komentar

SASAKALA SITU BAGENDIT

 

blog edukasiDi indonesia ada sebuah danau kecil yang berasa di Garut dan penduduk sunda untik menyebut danau ialah situ dan yang berada di Garut ini bernama Situ Bagendit dan di bawah ini asal mula adanya situ bagendit atau dalam istilah sunda sasakala situ bagendit dan cerita rakyat situ bagendit ini cukup terkenal di Daerah jawa barat khususnya daerah Garut dan di bawah ini cerita rakyat situ bagendit dalam bahasa sunda

Di wewengkon Garut aya situ anu ngaranna kawentar ka mana-mana, nyaéta Situ Bagendit. Cék sasakala mah, éta Situ Bagendit téh asal-muasalna kieu:
Baheula, aya hiji randa beunghar katelahna Nyi Endit. Ieu téh saenyana mah nénéhna, da ngaranna sajati mah Nyi Bagendit. Manéhna téh kacida pisan kumedna.
Geus taya nu bireuk deui kana kakumedanana téh. Salian ti pakacar-pakacarna mah, tara aya nu larsup ka imahna. Éstuning lain babasan éta mah hirup nyorangan téh. Ngahaja mencilkeun manéh, ngababakan di tengah pasawahan anu upluk-aplak. Maksudna taya lian, ku bawaning embung campur jeung batur, da sieun kasoro téa.
Kacaturkeun keur usum panén, di ditu di dieu ceuyah dibaruat. Ka sawah Nyi Endit ogé réa nu gacong. Ari réngsé dibuat jeung sanggeus paréna dikaleuitkeun, sakumaha tali paranti, Nyi Endit nyieun sidekah. Ngondang lebé jeung sawatara tatangga. Popolahna saniskara ku sorangan, teu aya nu ngabantuan. Barang geus tarapti, sakur nu mantuan ngakut tuluy diondang ngariung tumpeng. Atuh anu ngariung téh nepi ka ratusna. Tapi sadia tumpengna teu sabaraha, nepi ka ngan sakotéap gé geus bérés, bari tingkarétap kénéh.
Keur meujeuhna balakécrakan, solongkrong aya aki-aki bongkok nu nyampeurkeun. Ku pribumi teu ditari teu ditakon. Nya pok aki-aki téh waléh yén teu kawawa lapar, sugan aya sih piwelas. Ana gantawang téh Nyi Endit bet nyarékan, nyék-sék-nyéksékkeun, pajarkeun téh taya kaéra, teu ngahutang gawé, ménta bagian. Tungtungna nepi ka nundung, aki-aki dititah nyingkah. Cindekna mah geus lain picaritaeun wé.
Aki-aki indit bari jumarigjeug, bangun teu nangan. Méméh indit manéhna ngomong kieu, “Sagala gé boh ka nu hadé boh ka nu goréng, moal taya wawalesna.”
Ngomong kitu téh kasaksian ku sakur nu aya di dinya. Saréngséna nu dalahar tuluy amit rék baralik. Kakara gé patinglaléos, rug-reg ngarandeg, sabab aya nu tinggarero, “Caah! Caah!” cenah.
Henteu kanyahoan deui ti mana datangna cai, ngan leb wé pakarangan Nyi Endit téh geus kakeueum. Atuh kacida ributna, jalma-jalma geus teu inget ka diri batur, asal salamet dirina baé. Nyi Endit ogé nya kitu, niat rék nyingkiran cai, tapi barang kaluar pisan ti imahna, cai téh nepi ka lir ombak laut tinggaruling ka palebah Nyi Endit. Imahna terus kakeueum méh laput.
Nyi Endit angkleung-angkleungan, bari satungtung bisa mah teu weléh-weléh sasambat ménta tulung Tapi taya nu nulungan, da batur gé sarua ripuhna. Nyi Endit ngalelep.
Beuki lila, cai téh beuki gedé baé. Nepi ka jadi situna, ngeueum sakabéh pakaya Nyi Bagendit
nah sekian saja artikel kali ini tentang cerita rakyat situ bagendit terima kasih wassalam
READ FULL POST

Jumat, 20 Maret 2015

negara kawasan asia beserta ibu kotanya.

0 komentar

ASIA

blog edukasi

Seperti kita keathui Asia adalah merupakan benua terbesar dengan berpopulasi terpadat di dunia dengan yang meliputi 50 negara dan negara kita termasuk salah satunya Benua Asia dan Eropa merupakan benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki kadang-kadang dapat dimasukkan ke Asia maupun ke Eropa. Berikut ini Negara kawasan asia beserta ibu kotanya.

Asia Timur


  1. Republik Rakyat Cina Ibu Kota Beijing
  2. Jepang  Ibu Kotanya Tokyo
  3. Korea Utara Ibu Kotanya Pyongyang
  4. Korea Selatan Ibu Kota Seoul
  5. Taiwan Ibu Kota Taipei
  6. Mongolia Ibu Kota Ulan Bator
  7. Hong Kong-

Asia Selatan

  1. Bangladesh-Dhaka
  2. Afghanistan-Kabul
  3. Bhutan-Thimpu
  4. India-New Delhi
  5. Maladewa-Male
  6. Nepal-Kathmandu
  7. Pakistan-Islamabad
  8. Sri Lanka-Kolombo

Asia Tenggara


  1. Kamboja-Phnom Penh
  2. Laos-Vientiane
  3. Myanmar-Yangoon
  4. Thailand-Bangkok
  5. Vietnam-Hanoi
  6. Brunei-Bandar Seri Begawan
  7. Filipina-Manila
  8. Indonesia-Jakarta
  9. Malaysia-Kuala Lumpur
  10. Singapura-Singapura
  11. Timor Leste-Dili

Asia Barat Daya

  1. Armenia-Yereven
  2. Azerbaijan-Baku
  3. Bahrain-Manama
  4. Siprus-Nicosia
  5. Georgia-Tiblisi
  6. Irak-Baghdad
  7. Israel-Jerusalem
  8. Yordania-Amman
  9. Kuwait-Quwait
  10. Lebanon-Beirut
  11. Oman-Muscat
  12. Palestina-Gaza
  13. Qatar-Doha
  14. Arab Saudi-Riyadh
  15. Suriah-Damaskus
  16. Turki-Ankara
  17. Uni Emirat Arab-Abu Dhabi
  18. Yaman-Sanaa

Asia Tengah

  1. Kazakhstan-Astana
  2. Kirgizstan-Bishkek
  3. Tajikistan-Dushanbe
  4. Turkmenistan-Ashgabat
  5. Uzbekistan-Tashkent
Mungkin hanya itu penjelasan tentang negara kawasan asia beserta ibu kotanya. yang bisa di bagikan di blog say ini semoga artikel kali ini cukup bermanfaat bagi anda semua terima kasih
baca juga anggota - anggota asean di sini

 


READ FULL POST

Sabtu, 14 Maret 2015

contoh kata pengantar makalah

2 komentar

Kata Pengantar Makalah

 

BLOG EDUKASI

 

Untuk membuat sebuah makalah maka tidaklah lengkap jika kita tidak menambahkan kata pengantar  dalam susunan makalah itu sendiri dan untuk membuat kata pengantar sangatlah mudah adapun langkah untuk membuat kata pengantar makalah adalah sebagai berikut

  1. Judul : Kata Pengantar
  2. Sambutan pujian kepada Tuhan atas terselesaikan nya makalah,laporan,skripsi tersebut
  3. Judul dari makalah,laporan tersebut dicantumkan ke dalam isi kata pengantar
  4. Tujuan penyusunan makalah,laporan,skripsi
  5. Ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu terselesaikan nya makalah tersebut.
  6. Alinea penutupan disertai permintaan masukan dari pembaca
  7. Tanda tangan penulis

Dan di bawah ini adalah contoh kata pengantar makalah yang baik dan benar

Contoh 1

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini, lebih-lebih lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah dan penuh manfaat. Terima kasih sebelum dan sesudahnya kami ucapkan kepada Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan. Kami menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangnya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan kami jika ada kritik dan saran yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah-makah kami dilain waktu. Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini ialah, mudah-mudahan apa yang kami susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini ( masyarakat desa dan masyarakat kota ) sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.


Bandung, Januari 2014.


Penyusun

Contoh kata pengantar 2

Kata Pengantar

Pujisyukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya Makalah olah raga basket  ini dapat diselesaikan tepat waktu.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan Makalah ini.Kami menyadari di dalam Makalah olah raga basket  ini jauh dari kata sempurna.
Oleh karena itu kami mengharapkan kritikdan saran dari pembaca. Akhir kata kami mengharapkan Makalah Ekonomi Pembangunan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Bandung 18 Januari 2015

Penulis


contoh kata pengantar dalan bahasa sunda

PANGJAJAP


Puji sareng syukur urang sanggakeun ka hadirat Allah SWT lantaran berkat rahmat-Na simkuring saparakanca tiasa ngabereskeun ieu karya ilmiah kanggo nuntaskeun pancen ti Bapa/Ibu Guru. Sholawat sareng salam mugi-mugi salamina kacurah limpahkeun ka jungjunan alam nyaeta Nabi Muhammad SAW, teu hilap ka kulawargina sareng ka sahabatna mudah-mudahan dugi ka urang sadayana. Amin ...
Karya ilmiah ieu dijudulan Bencana. Panyajian anu aya dina karya ilmiah ieu nyaeta macem-macem bencana, anu tujuan na pikeun nyumponan pancen ti guru bahasa sunda. Tujuan anu sejenna  nyaeta pikeun ngembangkeun kanyaho urang kana Bencana
Saleres-leresna karya ilmiah ieu pasti wae aya kakiranganna anu teu disadari ku simkuring saparakanca anu nyusun kana karya  ilmiah ieu nyuhunkeun kritikan sareng saran ti Bapa/Ibu Guru mata pelajaran pikeun nyampurnakeun karya ilmiah ieu pikeun pikahareupeun.
Tungtung basa, simkuring saparakanca ngucapkeun hatur nuhun ka Bapa/Ibu Guru anu parantos ngabingbing simkuring saparakanca kana nyusunna ieu karya ilmiah. Oge simkuring saparakanca salaku anu nyusun ieu karya ilmiah ngahareupkeun ieu karya ilmiah teh tiasa manfaat kanggo para siswa pikeun diajar ngeunaan bencana

mungkin hanya itu contoh kata pengantar makalah yang bisa saya berikan dan bagi sobat yang sedang membuat makalah dengan judul lain tinggal ganti aja judul yang saya beri warna biru muda dan bagi sobat yang ingin membuat makalah sendiri namun gak tahu caranya klik ada cara membuat makalah di sini 

READ FULL POST

Rabu, 11 Maret 2015

profil sepuluh anggota asean

1 komentar

ASEAN


ASEAN didirikan oleh lima negara pendiri , yaitu Negara kita Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok.dan kita anggota asean telah bertambah menjadi 10 anggota dengan bergabungnya 5 Negara lain di asia yaitu  Brunei Darussalam bergabung pada (7 Januari 1984)
Vietnam bergabung pada (28 Juli 1995) Laos bergabung pada (23 Juli 1997) (Laos dan Myanmar bergabung pada waktu yang sama) Myanmar bergabung pada (23 Juli 1997) Kamboja bergabung pada (16 Desember 1998)
dan di bawah ini adalah profil sepuluh anggota asean

Profil Negara-negara Anggota ASEAN

Berikut ini adalah Profil singkat Negara-negara yang bergabung dalam ASEAN :

1. INDONESIA

blog edukasi
  • Ibukota    : Jakarta
  • Luas Wilayah   : 1,904,569 km2
  • Jumlah Penduduk  : 251,160,124 jiwa (estimasi July 2013)
  • Bahasa : Indonesia
  • Mata Uang   : Rupiah (IDR)
  • Hari Kemerdekaan  : 17 Agustus 1945
  • Lagu Nasional  : Indonesia Raya

2. Malaysia

  • Ibukota   : Kuala Lumpur
  • Luas Wilayah   : 329,847 km2
  • Jumlah Penduduk : 29,628,392 jiwa (estimasi Juli 2013)
  • Bahasa   : Melayu
  • Mata Uang   : Ringgit (MYR)
  • Hari Kemerdekaan  : 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional  : Negaraku

3. Thailand

blog edukasi
  • Ibu kota   : Bangkok
  • Luas Wilayah : 513.120 km2
  • Jumlah Penduduk  : 67.448.120 jiwa (estimasi Juli 2013)
  • Bahasa : Thai
  • Mata Uang    : Baht (THB)
  • Hari Kemerdekaan   : – (tidak pernah dijajah oleh Negara lain)
  • Lagu Nasional  : Phleng Chat Thai (National Anthem of Thailand)

4. Filipina

  • blog edukasi Ibukota    : Manila
  • Luas Wilayah   : 300.000 km2
  • Jumlah Penduduk  : 105.720.644 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa   : Filipino (Tagalog) dan Inggris
  • Mata Uang  : Peso (PHP)
  • Hari Kemerdekaan   : 12 Juni 1898 (dari Spanyol)
  • Lagu Nasional  : Lupang Hinirang (Chosen Land)


5. Singapura

blog edukasi

  • Ibukota  : Singapura
  • Luas Wilayah : 697 km2
  • Jumlah Penduduk  : 5.460.302 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa    : Inggris, Melayu, Mandarin dan Tamil
  • Mata Uang   : Dolar Singapura (SGD)
  • Hari Kemerdekaan  : 9 Agustus 1965 (dari Federasi Malaysia)
  • Lagu Nasional     : Majulah Singapura


6. Brunei Darussalam

  • Ibukota                                : Bandar Seri Begawan
  • Luas Wilayah                      : 5.765 km2
  • Jumlah Penduduk             : 415.717 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa  Resmi                   : Melayu
  • Mata Uang                          : Dolar Brunei (BND)
  • Hari Kemerdekaan          : 1 Januari 1984 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional                    : Allah Peliharakan Sultan


7. Vietnam
  • Ibukota                                : Hanoi
  • Luas Wilayah                      : 331,210 km2
  • Jumlah Penduduk             : 92,477,857 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa  Resmi                   : Vietnam
  • Mata Uang                          : Dong (VND)
  • Hari Kemerdekaan          : 2 September 1945 (dari Prancis)
  • Lagu Nasional                    : Tien quan ca (The Song of the Marching Troops)

8. Laos

  • Ibukota                                : Vientiane
  • Luas Wilayah                      : 236,800 km2
  • Jumlah Penduduk             : 6.695.166 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa  Resmi                   : Lao
  • Mata Uang                          : Kip Laos (LAK)
  • Hari Kemerdekaan          : 19 Juli 1949 (dari Prancis)
  • Lagu Nasional                    : Pheng Xat Lao (Hymn of the Lao People)


9. Myanmar (Burma)

  • Ibukota                                : Rangoon (Yangon)
  • Luas Wilayah                      : 676,578 km2
  • Jumlah Penduduk             : 55.167.330 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa  Resmi                   : Myanmar
  • Mata Uang                          : Kyat Myanmar (MMK)
  • Hari Kemerdekaan          : 4 Januari 1948 (dari Inggris)
  • Lagu Nasional                    : Kaba Ma Kyei (Till the End of the World, Myanmar)

10. Kamboja
  • Ibukota                                : Phnom Penh
  • Luas Wilayah                      : 181.035 km2
  • Jumlah Penduduk             : 15.205.539 jiwa (estimasi Juli  2013)
  • Bahasa  Resmi                   : Khmer
  • Mata Uang                          : Riel Kamboja (KHR)
  • Hari Kemerdekaan          : 9 Nopember 1953 (dari Prancis)
  • Lagu Nasional                    : Nokoreach (Royal Kingdom)

READ FULL POST

Selasa, 03 Maret 2015

pengertian pendidikan

0 komentar

Pengertian Pendidikan Menurut Ahli


Dengan perkembangan zaman di dunia pendidikan yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak merubah pola pikir pendidik, dari pola pikir yang awam dan kaku menjadi lebih modern. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut pakar-pakar pendidikan mengkritisi dengan cara mengungkapkan dan teori pendidikan yang sebenarnya untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesungguhnya.

Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Karena pendidikan itu sendiri memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Pendidikan bisa  berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang dengan memainkan musik,membaca ayat - ayat alquran  kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum kelahiran.
Pada dasarnya pengertian pendidikan ( UU SISDIKNAS No.20 tahun 2003 ) adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Menurut kamus Bahasa Indonesia Kata pendidikan berasal dari kata ‘didik’ dan mendapat imbuhan ‘pe’ dan akhiran ‘an’, maka kata ini mempunyai arti proses atau cara atau perbuatan mendidik. Secara bahasa definisi pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusiamelalui upaya pengajaran dan pelatihan.

Menurut Ki Hajar Dewantara  pengertian  Pendidikan yaitu tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Menurut UU No. 20 tahun 2003 Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Sedangkan pengertian pendidikan menurut H. Horne, adalah proses yang terus menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada tuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.

Dari beberapa pengertian pendidikan menurut ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain.
Demikian artikel tentang pengertian pendidikan, mudah-mudahan bermanfaat.
READ FULL POST

Sabtu, 28 Februari 2015

Makalah Olah Raga Renang

0 komentar

Olah raga renang

blog edukasi


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul Makalah Olah Raga Renang
Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

BAB I

1.1.  Dasar

Pembuatan makalah ini tentang bidang olahraga “renang” yang dibuat untuk memenuhi tugas Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta menambah wawasan saya tentang Olahraga Renang.

1.2. Maksud dan Tujuan

Untuk memperkenalkan dan mempelajari secara mendalam bidang olahraga renang. Serta untuk dapat memahami dan mempraktekannya dengan sebaik-baiknya.

1.3.Sistematika Penulisan Makalah

untuk melanjutkannya Makalah Olah Raga Renang lihat di bawah dan anda bisa mendowloadnya langsung makalah ini 



dan sobat juga bisa membaca makalah tentang makalah seni musik di sini
READ FULL POST
 

Blogger news

About

Copyright © BLOG EDUKASI Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger