Kamis, 14 Mei 2015

Pengertian Tentang Pakaian

1 komentar

Pakaian

 

blog edukasi
A.    Pengertian Tentang Pakaian
Pakaian adalah kebutuhan fimer atau kebutuhan pokok manusia selain pangan  dan tempat tinggal (rumah/ sandang). . pakaian adalah sebuah alat yang biasanya terbuat dari kain atau kulit yang bertujuan untuk menutupi tubuh kita dan juga sebagai perlindungan dari cuaca dan iklim serta gangguan binatang

 

B.    Fungsi pakaian

 Adapun Salah satu tujuan utama dari pakaian adalah untuk menjaga pemakainya merasa nyaman. Dalam iklim panas busana menyediakan perlindungan dari terbakar sinar matahari atau berbagai dampak lainnya, sedangkan di iklim dingin sifat insulasi termal umumnya lebih penting.
Pakaian melindungi bagian tubuh yang tidak terlihat. Pakaian bertindak sebagai perlindungan dari unsur-unsur yang merusak, termasuk hujan, salju dan angin atau kondisi cuaca lainnya, serta dari matahari. Pakaian juga mengurangi tingkat risiko selama kegiatan, seperti bekerja atau olahraga. Pakaian kadang-kadang dipakai sebagai perlindungan dari bahaya lingkungan tertentu, seperti serangga, bahan kimia berbahaya, senjata, dan kontak dengan zat abrasif. Sebaliknya, pakaian dapat melindungi lingkungan dari pemakai pakaian, seperti memakai masker.

C.    Bahan pakaian

Pada awalnya, manusia memanfaatkan kulit pepohonan dan kulit hewan sebagai bahan pakaian, kemudian memanfaatkan benang yang dipintal dari kapas, bulu domba serta sutera yang kemudian dijadikan kain sebagai bahan dasar pakaian. Kini dikenal berbagai macam jenis kain, di antaranya:
  1. Katun
  2. Bulu binatang
  3.  Kulit samak
  4. Linen
  5. Nilon
  6. Polyester (Tetoron)
  7. Rayon
  8. Sutera
  9. Spandeks
  10. Wol
READ FULL POST

contoh makalah pendidikan

1 komentar

Kumpulan Makalah Pendidikan

blog edukasi

 

Dalam artikel kali ini saya kan membagikan beberapa contoh makalah pendidikan yang akan membantu sobat dalam membuat sebuah makalah atau pun makalah ini bisa juga di pakai langsung untuk tugas kalian di sekolah karena makalah ini cukup lengkap dari kata pengantar makalah sampai daftar isi makalah dan berikut ini beberapa contoh makalah pendidikan

contoh makalah pendidikan Tentang makalah seni budaya
Pengertian Seni Budaya Menurut Para Ahli
Seni merupakan suatu karya yang dibuat atau diciptakan dengan kecakapan yang luar biasa sehingga merupakan sesuatu yang elok atau indah. Kebutuhan akan seni budaya merupakan kebutuhan manusia yang lebih tinggi diantara urutan kebutuhan lainnya. Seni budaya berkaitan langsung dengan kesejahteraan, keindahan, kebijaksanaan, ketentraman, dan pada puncaknya merupakan proses evolusi manusia  
untuk melanjutkannya silahkan klik di sini 

contoh makalah pendidikan Tentang  renang
Sejarah Renang
Manusia sudah dapat berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari Zaman Batu telah ditemukan di "gua perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya. Catatan tertua mengenai berenang berasal dari 2000 SM. Beberapa di antara dokumen tertua yang menyebut tentang berenang adalah Epos Gilgamesh, Iliad, Odyssey, dan Alkitab (Kitab Yehezkiel 47:5, Kisah Para Rasul 27:42, Kitab Yesaya 25:11), serta Beowulf dan hikayat-hikayat lain. Pada 1538, Nikolaus Wynmann seorang profesor bahasa dari Jerman menulis buku mengenai renang yang pertama, Perenang atau Dialog mengenai Seni Berenang


untuk melanjutkannya silahkan baca lanjutannya di sini


contoh makalah pendidikan Tentang sepak bola
Bicara tentang sepak bola  mungkin dulu kita pernah mengenal pemain dunia yang sudah tak asing  lagi seperti pele, maradona ,marco van bosten dan sederet pemain yang telah mencetak prestasi gemilang


untuk melanjutkannya silahkan baca di sini

 contoh makalah pendidikan Tentang sumber daya mineral
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada kami dan teman – teman yg telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini ,. Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas sekolah

Makalah ini berisi tentang hal-hal yang terkait dengan sumber daya mineral dan pengembangan berbagai jenis sumber daya mineral dan makalah ini berjudul Makalah sumber daya mineral.Makalah ini dibuat dengan tujuan agar siswa dapat memahami pengembangan sumber daya secara mendalam

untuk melanjutkannya silahkan baca di sini

  contoh makalah pendidikan Tentang  Tentang tenis meja
Tenis meja, atau di kita  lebih terkenal dengan sebutan  ping pong ini , dan itu adalah suatu olahraga yang menggunakan raket yang biasa dimainkan oleh dua orang atau di sebut tunggal dan ganda bila di mainkan dua pasangan untuk yang berlawanan. Di negri Tiongkok, olah raga yang satu ini  nama resminya ialah "bola ping pong" atau di baca (Tionghoa Pinyin:pingpang qiú) Permainan tenis meja ini lahirnya  sudah lama sekitar tahun 1880-an di negara bernama Inggris. Dan pada Saat itu, masyarakat kelas atas Victoria menganggapnya sebagai hiburan seusai santapan malam.

untuk melanjutkannya silahkan baca di bmc.

contoh makalah pendidikan Tentang basker
 Cara bermain Bola basket adalah dengan  berkelompok atau team yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan Bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket cukup  menark untuk ditonton karena bagi saya olah raga ini cukup seru terutama dari segi gaya para pemainnya apalagi permainan ini biasa dilakukan di ruangan tertutup serta memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari oleh siapa saja yang menyukai permainan ini


untuk melanjutkannya silahkan baca di sini
READ FULL POST

Selasa, 14 April 2015

perangkat keras internet

1 komentar

Perangkat Keras untuk kebutuhan  Internet

Di jaman sekarang ini internet menjadi sebuah kebutuhan tersendiri untuk kita yang ingin menambah wawasan dan ilmu karena di dalam  internet telah banyak tersaji ilmu ilmu yang kita butuhkan yang mungkin tidak di dapatkan di bangku sekolah bisa di katakan internet ilmunya tanpa batas namun untuk bisa iber internet kita butuh sebuah perangkat lalu apa saja  perangkat keras internet berikut ini penjelasannya 

1. KOMPUTER

    Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengakses internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kenerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kenerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
    Dalam akses internet komputer ada yang berfungsi sebagai server dan ada yang berfungsi sebagai client. Fungsi dari komputer server adalah : sebagai sistem operasi, aplikasi, dan database yang menyediakan layanan kepada komputer-komputer lain dalam jaringan. Sedangkan komputer client fungsinya adalah : untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari server.
Perangkat keras komputer terdiri dari :
-    Alat input :  keyboard, mouse, scanner, webcam, gamepad
-    Alat output :  monitor, printer, loudspeaker
-    CPU (Central Processing Unit) : Mainboard, Prosessor, RAM (Random Access Memory), VGA (Video Graphics Adapter).
-    Penyimpanan : hardisk, flopy disk, CD RW, DVD RW, flashdisk
untuk lebih jelasnya lihat di My drive di bawah ini

READ FULL POST

Minggu, 12 April 2015

Biografi Abu Bakar As-Sidiq

1 komentar

Biografi Abu Bakar As-Sidiq

Abu Bakar
 Dalam artikel islam kali ini saya ingin berbagi tentang sesosok sahabat Nabi Kita Muhammad Saw yaitu Abu Bakar As-Sidiq adan artikel kali ini saya beri judul Biografi Abu Bakar As-Sidiq dan di bawah ini penjelasnna
Abu Bakar berarti ‘ayah si gadis’, yaitu ayah dari Aisyah istri Nabi Muhammad SAW. Namanya yang sebenarnya adalah Abdul Ka’bah (artinya ‘hamba Ka’bah’), yang kemudian diubah oleh Rasulullah menjadi Abdullah (artinya ‘hamba Allah’). Sumber lain menyebutkan namanya adalah Abdullah bin Abu Quhafah (Abu Quhafah adalah kunya atau nama panggilan ayahnya). Gelar As-Sidiq (yang dipercaya) diberikan Nabi Muhammad SAW sehingga ia lebih dikenal dengan nama Abu Bakar ash-Shiddiq. beliau menjadi satu-satunya teman hijrah ke Madinah pada 622 Masehi.
Abu Bakar As-Sidiq adalah orang yang paling awal memeluk agama Islam (assabiqunal awwalun), sahabat Rasullullah Saw., dan juga khalifah pertama yang dibaiat (ditunjuk) oleh umat Islam. Beliau lahir bersamaan dengan tahun kelahiran Nabi Muhammad Saw. pada 572 Masehi
Abu Bakar ash-Shiddiq dilahirkan di kota Mekah dari keturunan Bani Taim , sub-suku bangsa Quraisy. Beberapa sejarawan Islam mencatat ia adalah seorang pedagang, hakim dengan kedudukan tinggi, seorang yang terpelajar Beliau berkulit putih, bertubuh kurus, berambut lebat, tampak kurus wajahnya, dahinya muncul, dan ia sering memakai hinaa dan katm.
Ketika Muhammad menikah dengan Khadijah binti Khuwailid, ia pindah dan hidup bersama Abu Bakar. Saat itu Muhammad menjadi tetangga Abu Bakar. Sejak saat itu mereka berkenalan satu sama lainnya. Mereka berdua berusia sama, pedagang dan ahli berdagang.
Dalam kitab Hayatussahabah, bab Dakwah Muhammad kepada perorangan, dituliskan bahwa Abu bakar masuk Islam setelah diajak oleh nabi.[ Abubakar kemudian mendakwahkan ajaran Islam kepada Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam, Sa'ad bin Abi Waqas dan beberapa tokoh penting dalam Islam lainnya.
Istrinya Qutaylah binti Abdul Uzza tidak menerima Islam sebagai agama sehingga Abu Bakar menceraikannya. Istrinya yang lain, Ummu Ruman, menjadi Muslimah. Juga semua anaknya kecuali 'Abd Rahman bin Abu Bakar, sehingga ia dan 'Abd Rahman berpisah.

jasa-jasa

  • Jasanya yang paling besar adalah masuknya ia ke dalam Islam paling pertama.
  • Hijrahnya beliau bersama Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam
  • Ketegaran beliau ketika hari wafatnya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam
  • Sebelum terjadi hijrah, beliau telah membebaskan 70 orang yang disiksa orang kafir karena alasan bertauhid kepada Allah. Di antara mereka adalah Bilal bin Rabbaah, ‘Amir bin Fahirah, Zunairah, Al Hindiyyah dan anaknya, budaknya Bani Mu’ammal, Ummu ‘Ubais
  • Salah satu jasanya yang terbesar ialah ketika menjadi khalifah beliau memerangi orang-orang murtad Abu Bakar adalah lelaki yang lemah lembut, namun dalam hal memerangi orang yang murtad, beliau memiliki pendirian yang kokoh. Bahkan lebih tegas dan keras daripada Umar bin Khattab yang terkenal akan keras dan tegasnya beliau dalam pembelaan terhadap Allah. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan hadits Abu Hurairah Radhiallahu’anhu:  “Ketika Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam wafat, dan Abu Bakar menggantikannya, banyak orang yang kafir dari bangsa Arab. Umar berkata: ‘Wahai Abu Bakar, bisa-bisanya engkau memerangi manusia padahal Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, aku diperintah untuk memerangi manusia sampai mereka mengucapkan Laa ilaaha illallah, barangsiapa yang mengucapkannya telah haram darah dan jiwanya, kecuali dengan hak (jalan yang benar). Adapun hisabnya diserahkan kepada Allah?’ Abu Bakar berkata: ‘Demi Allah akan kuperangi orang yang membedakan antara shalat dengan zakat. Karena zakat adalah hak Allah atas harta. Demi Allah jika ada orang yang enggan membayar zakat di masaku, padahal mereka menunaikannya di masa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam, akan ku perangi dia’. Umar berkata: ‘Demi Allah, setelah itu tidaklah aku melihat kecuali Allah telah melapangkan dadanya untuk memerangi orang-orang tersebut, dan aku yakin ia di atas kebenaran‘”Begitu tegas dan kerasnya sikap beliau sampai-sampai para ulama berkata:  “Allah menolong Islam melalui Abu Bakar di hari ketika banyak orang murtad, dan melalui Ahmad (bin Hambal) di hari ketika terjadi fitnah (khalqul Qur’an)” Abu Bakar pun memerangi orang-orang yang murtad dan orang-orang yang enggan membayar zakat ketika itu
  •  Musailamah Al Kadzab dibunuh di masa pemerintahan beliau
  • Beliau mengerahkan pasukan untuk menaklukan Syam, sebagaimana keinginan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam. Dan akhirnya Syam pun di taklukan, demikian juga Iraq.
  • Di masa pemerintahan beliau, Al Qur’an dikumpulkan. Beliau memerintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengumpulkannya.
  • Abu Bakar adalah orang yang bijaksana. Ketika ia tidak ridha dengan dilepaskannya Khalid bin Walid, ia berkata:  “Demi Allah, aku tidak akan menghunus pedang yang Allah tujukan kepada musuhnya sampai Allah yang menghunusnya” (HR. Ahmad dan lainnya) Ketika masa pemerintahan beliau, terjadi peperangan. Beliau pun bertekad untuk pergi sendiri memimpin perang, namun Ali bin Abi Thalib memegang tali kekangnya dan berkata: ‘Mau kemana engkau wahai khalifah? Akan kukatakan kepadamu perkataan Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika perang Uhud:  ‘Simpanlah pedangmu dan janganlah bersedih atas keadaan kami. Kembalilah ke Madinah. Demi Allah, jika keadaan kami membuatmu sedih Islam tidak akan tegak selamanya‘. Lalu Abu Bakar Radhiallahu’anhu pun kembali dan mengutus pasukan.
  •  Beliau juga sangat mengetahui nasab-nasab bangsa arab

Keutamaan

Tidak ada lelaki yang memiliki keutaman sebanyak keutamaan Abu Bakar Radhiallahu’anhu
  • Abu Bakar Ash Shiddiq adalah manusia terbaik setelah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam dari golongan umat beliau Ibnu ‘Umar Radhiallahu’anhu berkata:  “Kami pernah memilih orang terbaik di masa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam. Kami pun memilih Abu Bakar, setelah itu Umar bin Khattab, lalu ‘Utsman bin Affan Radhiallahu’anhu” (HR. Bukhari)
  • .Abu Bakar Ash Shiddiq adalah orang yang menemani Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi  Wasallam di gua ketika dikejar kaum Quraisy Allah Ta’ala berfirman,  “Salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu bersedih, sesungguhnya Allah beserta kita”” (QS. At Taubah: 40)
  • Ketika kaum muslimin hendak berhijrah, Abu Bakar Ash Shiddiq menyumbangkan seluruh hartanya
  • Abu Bakar Ash Shiddiq adalah khalifah pertama
  •  Umat Muhammad diperintahkan untuk meneladani Abu Bakar Ash Shiddiq Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ikutilah jalan orang-orang sepeninggalku yaitu Abu Bakar dan Umar” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Maajah, hadits ini shahih)
  • Abu Bakar Ash Shiddiq adalah orang yang paling dicintai Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam ‘Amr bin Al Ash Radhiallahu’anhu bertanya kepada Nabi Shallallahu’alahi Wasallam:  “Siapa orang yang kau cintai?. Rasulullah menjawab: ‘Aisyah’. Aku bertanya lagi: ‘Kalau laki-laki?’. Beliau menjawab: ‘Ayahnya Aisyah’ (yaitu Abu Bakar)” (HR. Muslim) Dan masih banyak lagi keutamaan dari Abu Bakar Ash Shiddiq

Kematian

Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah karena sakit yang dideritanya pada usia 61 tahun. Abu Bakar dimakamkan di rumah putrinya Aisyah di dekat Masjid Nabawi, di samping makam Nabi Muhammad SAW.


READ FULL POST

Nama Hewan Herbivora, Karnivora dan Omnivora

1 komentar

Hewan Herbivora, Karnivora dan Omnivora

blog edukasi

 

Dalam artikel kali ini saya akan menulis tentang  Nama Hewan Herbivora, Carnivora dan Omnivora serta  yang termasuk dalam   pelajaran Biologi yang biasa di ajarkan di sekolah terutama di SMP berikut ini penjelasnnya
Hewan dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu.:
Jenis hewan yang berada pada kelompok "Herbivora" yaitu jenis hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai pemakan tumbuh-tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas). Termasuk dalam jenis ini diantaranya :
1.    Kambing,
2.    Unta,
3.    Kerbau,
4.    Babi,
5.    Domba
6.    Sapi
7.    Rusa
8.    Kelinci, dll.
Jenis hewan yang berada pada kelompok "Carnivora" yaitu jenis hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai hewan pemakan hewan lain (daging, darah, telur). Termasuk jenis hewan ini diantaranya:
1.    Singa,
2.    macan,
3.    serigala,
4.    kucing,
5.    piranha,
6.    anjing
7.    burung bangkai,
8.    ikan arwana, dll.
Jenis hewan yang berada pada kelompok "Omnivora" yaitu jenis hewan yang memiliki ciri-ciri sebagai hewan pemakan hewan lain (daging, darah, telur), tetapi juga pemakan tumbuh-tumbuhan (kayu/batang, daun, biji, kulit, akar, serabut, ampas). Termasuk jenis hewan ini diantaranya:
1.    Beruang
2.    ikan mujair,
3.    ikan mas,
4.    tikus
5.     ikan lele dumbo,
6.    ayam, dll.
Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang  Nama Hewan Herbivora, Karnivora dan Omnivora namun contoh hewan itu hanya sebagian kecil saja untuk menambahkan lebih banyak silahkan anda cari sendiri
READ FULL POST

Jumat, 10 April 2015

contoh naskah dama untuk 4 orang

1 komentar

PERSAHABATAN 

 

blog edukasi

 

Dalam artikel kali ini saya akan membagikan contoh naskah dama untuk 4 orang  yang mungkin bagi adek kita yang duduk di SMP membutuhkan guna mengikuti pelajaran bahasa indo nesia berikut ini contoh naskah drama nya

    Di ceritakan di sebuah sekolah terdapat 4 orang sahabat  yang tidak bisa di pisahkan mereka adalah iwan ,Hera,ikbal,Riska.Meskipun mempunyai watak yang berbeda ,tetapi mereka tetap saling melengkapi dan selalu bersama-sama. Tetapi,suatu kejadian merusak persahabatan antara Hera dan Riska.Ikbal dan Adel berusaha menyatukan mereka kembali.
Hera          : “(masuk kelas dengan santai)”
Riska         : “Her,apa kamu nanti ikut kerja kelompok di rumah
       Adel?”
Hera           : Oh ,maaf nanti saudaraku mau datang ke rumahku!
Riska          : “Apa Tidak bisa di undur hari berikutnya atau besok 
     saja?”
Hera          : “Oh tidak bisa.”
Riska         : “Gak bisa?(dengan tampang penuh tanda tanya)”
Iwan          : (masuk kelas) loh, ada apa ini ?
Riska          : “Tanya aja sama dia!(melirik ke Hera)”
Hera         : “Gini loh del. Aku nanti tidak bisa datang kerja                                         
    kelompok  karena saudaraku mau datang ke    rumahku nanti !”
iwan                : “Tak bisakah hal itu di tundur ?”
Hera          : “Gak bisa del!”
Iwan         : “Terserah kamulah(dengan nada marah)”
Hera        : ( keluar kelas )
Ikbal              : “(masuk kelas) heh,Her kamu mau kemana?ko langsung
    pergi gituh aja?”
Hera                  : “(tidak menghiraukan dan balik ke kelas langsung                                        
                              duduk Sambil membaca buku)”
Ikbal              : “Ada apa dengannya?”
Riska           : “Begini aku tadi mengajaknya kerja kelompok tapi ia
                             lebih mementintingkan saudara nya yang maudatang   
                             kerumahnya.”
Iwan         : “Gak tahu tuh!”
Ikbal               : “Egois banget sih”
    Bel berbunyi ,Pelajaran di mulai.Saat bel pulang sekolah.
Ikbal dan Adel     : (Menghampiri meja Riska)
Hera            : ( membereskan buku )
Ikbal                   : “Eh gimana kalau kita negur Hera.”
Iwan                   : “Iya aku setuju.Aku gak rela sahabat kita jadi egois
  gituh !”
Riska                   : “Tapi kalian ya yang negur . Aku terlanjur marah
  soalnya!”
Iwan                     : “Aku juga gak mau ah!”
Riska dan Adel          : “( Melirik ke arah ikbal )”
Ikbal             : “Apa lihat aku?”
Riska              : “hmm, kamu kan yang punya usul?”
Ikbal             : “Oh,Dasar!”
Riska dan Adel            : ( Mendorong Ikbal )
    Kemudian Adel dan Rina mendorong ikbal menuju ke meja Hera sampai di meja Hera.
Ikbal           : “Her, emang kamu benar-benar gak bisa ikut kerja
      Kelompok?”
Hera          : “Iya aku gak bisa!”
Riska               : “Anak kayak gini ajah bisa kerja kelompok!”
Ikbal            : “udahlah Ris !”
Riska             : “Kenapa anak kayak gini masih kamu bela sih!”
Ikbal             : “Dia itu tetap sahabat kita Ris!”
Iwan         : “Sahabat kayak apah kalau mentingin diri Sendiri!”
Ikbal             : “Tapi kan,.....”
Hera            : “Sudah-sudah kok kalian malah ribut sendiri!”
   sih!padahal kan kalian ngeributin aku?”
Iwan              : “Hih PD banget sih!”
Hera             : “Sudah-sudah jangan ribut terus
                 Sebenarnya,...................”.
Riska            : “Sebenarnya apa, cepat dong ngomong!!”
Hera            : “Kamu potong terus sih ! omongan aku?”
Iwan             : “Tau nih Rina.”
Hera                          :“Sebenarnya tadi pagi aku cuman ngetes
                                      Persahabatan kita.”
Ikbal            : “Ohh ,gituuuu!”
Riska            : “Kirain beneran enggak bohong!”
Hera                          : “Maaf ya teman-teman tadi pagi Menjengkelkan!!”
Iwan                       : “Kita kan sahabat jadi harus saling memaafkan!”
Hera                          : “Kita,kalian tak pernah terpisahkan.”
            Hera dan Riska  pun berteman kembali dan mereka berempat tetap memiliki sebuah persahabatan yang tak pernah terpisahkan.
Iwan                           : “ ehh sudah kita kan sudah berteman kembali,
        Sekarang kita kekantin aja yuk”
Hera                           : “ yuk,del”

Ikbal    : “ eh dari pada kekantin mending kita main aja
       Ke rumah adel”
Riska    : “Dasar tukang makan.”
Hera    : “emang kenapa, kok ngomong gituh Ris!!”
Riska    : “Kan di rumah adel selalu banyak makanan jadi
       Ikbal pengen main terus ke rumah adel.”
Iwan    : “Sudah-sudah jangan ribut,ayo kita pulang.”
               Mereka berempat pulang dan pergi ke rumah adel dan sesampai di rumah adel ,mereka masuk rumah ,duduk sambil ngobrol di ruang tamu.
Iwan    : “sebentar aku mau ke belakang dulu ngambil
 Makanan.”
Hera    : “iyah,del.”
                Adel lalu ke belakang mengambil makanan dan kembali lagi ke ruang tamu dan menyimpan makanan yang di bawa adel.
Ikbal    : “banyak makanan enak nih!”(sambil mencicipi
       Makanan)
Hera    : “ Dasar si tukang makan ih , malu-maluin aja.”
Riska    : “iya, bener tuh.”
Iwan    : “sudah masalah makanan aja di ributin.”
Ikbal    : “iyah yang punya makanannya juga ga ribut.”
Adel    : “ya sudahlah lah kita makan aja.”
               Mereka memakan semua makanan yang di sediakan oleh adel, dan sesudah makanan habis semua Hera,Riska,dan ikbal pun berpamitan.
Ikbal    : “ ehh,kita pulang yuk!sudah kenyang nih!”
Riska    : “dasar SMP.”
Hera    : “ Maksud kamu Ris?”
Riska    : “ iya SMP,sudah makan pulang!”
Semua    : (Tertawa)
                    Mereka pun lantas pulang dan berpamitan kepada adel.
Riska,Hera,Ikbal    : “Del,kita pulang dulu yah!”
Adel    : “Iya,makasih ya teman-teman sudah mampir ke
                                               Ke rumahku.”
Riska,Hera,Ikbal    : “Iya sama sama , kita juga makasih atas makanannya.”
Adel    : “iyaa, Hati-hati di jalannya.”
             Akhirnya Mereka pun pulang bertiga bersama sama dengan tersenyum bahagian dan pulang ke rumahnya masing-masing.
READ FULL POST

Sabtu, 04 April 2015

Pengertian Korupsi

1 komentar

 Korupsi

 

blog edukasi

 

      Korupsi mungkin kata yang tak asing di Negeri ini walau kita telah sering berganti kepemimpinan dan sistem pemerintahan dari orde lama sampai orde sekarang yaitu reformas namun  yang namanya korupsi seolah tak mau juga hilang dari sistem pemerintahan kita baik dari pejabat kelas atas maupun kelas bawah di TV masih juga sering kita mendengar kasus korupsi atau juga di media lainnya seperti media massa berupa koran atau majalah maupun media elektronik termasuk internet entah sampai kasus ini bisa hilang atau setidaknya berkurang dari Negeri tercinta  Indonesia, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian korupsi semoga artikel ini dapat mencerahkan anak bangsa ini sehingga muncul generasi baru yang benar - benar anti korupsi dan di bawah ini penjelasanya

A. Pengertian Korupsi

            Korupsi berasal dari suatu kata dalam bahasa Inggris yaitu corrupt, yang berasal dari perpaduan dua kata dalam bahasa latin yaitu com yang berarti bersama-sama dan rumpere yang berarti pecah dan jebol. Menurut Bernardi (1994) istilah korupsi juga dapat diartikan sebagai suatu perbuatan tidak jujur atau penyelewengan yang dilakukan karena adanya suatu pemberian. Sementara Hermien H.K. (1994) mendefinisikan korupsi sebagai kekuasaan tanpa aturan hukum. Oleh karena itu, selalu ada praduga pemakaian kekuasaan untuk mencapai suatu tujuan selain tujuan yang tercantum dalam pelimpahan kekuasaan tersebut.

B. Pola-Pola Korupsi

          Baswir (1993) menjelaskan ada 7 pola korupsi yang sering dilakukan oleh oknum-oknum pelaku tindak korupsi baik daari kalangan pemerintah maupun swasta. Ketujuh pola tersebut meliputi : 
  1. pola konvensional, 
  2. pola upeti
  3. pola komisi
  4. pola menjegal order
  5. pola perusahaan rekanan
  6. pola kuitansi fiktif dan 
  7. pola penyalahgunaan wewenang. 
Untuk menanggulangi terjadinya korupsi yang bermacam-macam jenisnya ini diperlukan strategi khusus dari semua bidang, meskipun untuk menghilangkan sama sekali praktik korupsi adalah sesuatu yang mustahil, tertapi setidaknya-tidaknya ada upaya untuk menekan terjadinya tindak korupsi. Strategi yang dibentuk hendaknya melibatkan seluruh lapisaan masyarakat dan pejabat struktur pemerintahan.
         Sementara menurut Fadjar (2002) pola terjadinya korupsi dapat dibedakan dalam tiga wilayah besar yaitu ; Pertama, bentuk penyalahgunaan kewenangan yang berdampak terjadinya korupsi adalah pertama; Mercenery abuse of power, penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh orang yang mempunyai suatu kewenangan tertentu yang bekerjasama dengan pihak lain dengan cara sogok-menyogok, suap, mengurangi standar spesifikasi atau volume dan penggelembungan dana (mark up). Penyalahgunaan wewenang tipe seperti ini adalah biasanya non politis dan dilakukan oleh level pejabat yang tidak terlalu tinggi kedudukannya.
         Kedua, Discretinery abuse of power, pada tipe ini penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh pejabat yang mempunyai kewenangan istimewa dengan mengeluarkan kebijakan tertentu misalnya keputusan Walikota/Bupati atau berbentuk peraturan daerah/keputusan Walikota/Bupati yang biasanya menjadikan mereka dapat bekerjasama dengan kawan/kelompok (despotis) maupun dengan keluarganya (nepotis).
         Ketiga, Idiological abuse of power, hal ini dilakukan oleh pejabat untuk mengejar tujuan dan kepentingan tertentu dari kelompok atau partainya. Bisa juga terjadi dukungan kelompok pada pihak tertentu untuk menduduki jabatan strategis di birokrasi/lembaga ekskutif, dimana kelak mereka akan mendapatkan kompensasi dari tindakannya itu, hal ini yang sering disebut politik balas budi yang licik. Korupsi jenis inilah yang sangat berbahaya, karena dengan praktek ini semua elemen yang mendukung telah mendapatkan kompensasi.

C. Faktor-Faktor Penyebab Korupsi

          Terjadinya korupsi disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu 
  1. sistem pemerintahan dan birokrasi yang memang kondusif untuk melakukan penyimpangan, 
  2. belum adanya sistem kontrol dari masyarakat yang kuat, dan belum adanya perangkat peraturan dan perundang-perundangan yang tegas. 
Faktor lainnya menurut Fadjar (2002) adalah tindak lanjut dari setiap penemuan pelanggaran yang masih lemah dan belum menunjukkan “greget” oleh pimpinan instansi. Terbukti dengan banyaknya penemuan yang ditutup secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas serta tekad dalam pemberantasan korupsi dan dalam penuntasan penyimpangan yang ada dari semua unsur tidak kelihatan. Disamping itu kurang memadainya sistem pertanggungjawaban organisasi pemerintah kepada masyarakat yang menyebabkan banyak proyek yang hanya sekedar pelengkap laporan kepada atasan.

          Menurut Arifin (2000) faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi adalah:
  1. aspek prilaku individu organisasi, 
  2. aspek organisasi, dan
  3. aspek masyarakat tempat individu dan organisasi berada. 
Sementara menurut Lutfhi (2002)
faktor-faktor penyebab terjadinya korupsi adalah:
  1.  motif, baik motif ekonomi maupun motif politik, 
  2.  peluang, dan 
  3.  lemahnya pengawasan. 

Mungkin hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang pengertian korupsi semoga bermanfaat terima kasih
READ FULL POST
 

Blogger news

About

Copyright © BLOG EDUKASI Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger